gue itu klo baca buku, gak semua buku gue mau. ada beberapa hal yang menentukan mood gue untuk beli buku itu, untuk membacanya, dan bahkan untuk menyelesaikan bacaannya hehe. dan inilah beberapa hal tersebut:


Cover. walaupun ada yang bilang "dont judge a book by its cover", tapi tetep aja kan kesan pertama dan penampilan itu penting banget (aduh kayak ngomongin orang ye -_-). Cover yg menarik dan eye catching akan bikin kita geregetan haha. dan pasti kan klo cari-cari buku di toko kan pasti kita akan ngambil buku yang covernya paling menarik, nah baru deh meneliti hal-hal lainnya.
Contoh buku yang gue beli karena covernya: Refrain <-- waktu pertama liat buku ini di tumpukan bukunya yang menggunung, gue sama sekali gak tau apa judulnya, tp jatuh cinta sama covernya. covernya tuh lucu banget dan kreatif!

Judul ini salah satu yg menentukan. Kenapa? Karena gue cenderung nyari judul yg seru saat browsing buku atau pas nyari bukunya di toko buku. Judul yg menarik akan bikin kita penasaran apa cerita yg ada di dalamnya.
Novel yang membuat gue tertarik karena judulnya: Autumn In Paris <--- gue beli buku ini karena ada kata-kata Parisnya (dan juga setting ceritanya di Paris <3

Genre juga sama pentingnya kayak yang lain. kan pasti genre buku fav kita beda-beda tuh, jadi jangan salah beli buku, kayak misalnya kita suka yang roman eh malahan beli yang fiction suspense. atau misalnya suka yang humor, tapi malahan beli buku yang ceritanya tentang detektif gitu. ck, jangan sampai melenceng banget deh.... tapi klo lagi mau mencoba hal baru sih gak apa-apa.

Sinopsis adalah poin penting yang harus dipikirkan secara secara matang. karena orang-orang pasti baca dulu sinopsis bukunya sebelum membelinya. buatlah sinopsis yang paling menarik, paling cerdas, dan paling bikin orang penasaran untuk tau gimana cerita lengkapnya :D.
buku yang sempat gue dambakan karena sinopsinya: Dia <---- sebenernya ini buku gak gue baca sampe selesai karena suatu alasan (sayang banget emang -_-), tapi salah satu alasan gue beli buku ini adalah karena gue tertarik banget sama sinopsinya hehe.

Nama tokoh. ini aspek terpenting dalam sebuah cerita (menurut gue). nama tokoh yang dibuat dengan cermat akan memudahkan kita untuk membayangkan bagaimana rupa si tokoh itu. sebaiknya nama tokoh itu diberikan sesuai sifat, karakter, dan postur si tokoh. kadang gue suka salah membayangkan bagaimana rupa si karakter cerita cuma gara-gara nama yang diberikan melenceng dari ciri-ciri si tokoh. bahkan gue akan males baca klo nama-nama tokohnya gak asik dan gak seru. jadiiiiii.......... gak ada salahnya buku web atau buku nama-nama bayi untuk nyari nama yang paling cocok ;) toh inikan untuk menyenangkan dan memuaskan para pembaca hehehe
Nama-nama tokoh yang paling gue suka: Nathaniel & Edward <---- gue memang suka nama-nama yang antik hehe ;)
seperti alasan yang gue tulis di atas tadi tentang Autumn In Paris, setting cerita yang menarik juga bikin gue semangat baca buku. gue suka membayangkan keadaan di tempat-tempat lain... tempat-tempat yang belum pernah gue temui, yang cuma gue tau sekilas-sekilas aja. dan untuk menggambarkan suasananya secara jelas, detail cerita juga sangat sangat penting. semakin mendetail penjelasan yang diberikan, maka semakin luas pula imaginasi kita.
buku yang paling gue suka settingnya: P.S. I Love You <--------- Ireland Ireland Ireland YEAAAAH IRELAND!!! (?)

Gaya bahasa yang digunakan juga penting banget menurut gue. gue udah males baca teenlit indonesia yang bahasanya terlalu bahasa abege gitu heeem -- salahkan twiligh saga! sekarang gue lebih suka novel yang bahasanya formal banget. sebenernya gue juga gak pernah terlalu suka teenlit sih hehe, tapi dulu -- sebelum baca twilight -- buku-buku yang gue baca ya berkisar teenlit gitu. gaya bahasa teenlit tuh gimana ya... terlalu berantakkan, tidak memenuhi EYD, rada gak nyaman aja gue bacanya. berasa baca sms yang panjang gitu (gak gitu juga kayaknya --")

karena gue lebih sering cari buku lewat internet, jadi yang biasanya gue browsing pake keyword nama
authornya aja deh. kan kebanyakan klo kita ngeliat satu-satu buku apa aja yang ada -____-. dan juga klo kita udah punya fav author, itu artinya kita yakin klo cerita yang ditulis ini akan bagus hasilnya :)

Resensi orang lain. yak ini penting. banyak-banyaklah berteman dengan sesama pencinta buku, karena nanti kita akan lebih gampang ngobrolin buku atau sharing info tentang buku-buku bagus. ini membantu banget, apalagi klo kita males nyari-nyari resensi orang.


jadi, itulah beberapa hal yang membantu gue menentukan buku yang gue beli, membacanya, lalu mencintainya :D :D



chiao! xoxo

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2010 LA CHOSES
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger